Jumat, 23 April 2010

Artikel: Hasil Penelitian Bahan ini cocok untuk Perguruan Tinggi. Nama & E-mail (Penulis): Tim Mahasiswa Fak. Peternakan UGM Saya Mahasiswa di Univer

Artikel:
Hasil Penelitian


Bahan ini cocok untuk Perguruan Tinggi.
Nama & E-mail (Penulis): Tim Mahasiswa Fak. Peternakan UGM
Saya Mahasiswa di Universitas Gadjah Mada
Tanggal: 31 Mei 2001
Judul Artikel: Efektifitas Pasteurigama dalam Mempertahankan Kualitas Susu
Topik: Hasil Penelitian

Artikel:

Sopyan Haris, Sri Hasanah, Muhammad Anwar, Wiwik Kartikaningrum, Dwi Ariyanti

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan menciptakan teknologi tepat guna berupa alat pasteurisasi susu skala rumah tangga (Pasteurigama) yang secara teknis mempunyai kemampuan sama dengan alat pasteurisasi susu skala rumah tangga yang ada (Saf Gard Home Pasteurizer), selain itu secara teknis pula peternak dapat membuat dan menggunakannya sehingga peternak mendapatkan manfaat baik secara finansial maupun non finansial (Technically and Economicaly Feasible in Rural Areas Conditions). Prinrip kerja Pasteurigama adalah pemanasan susu dengan suhu 73 derajat C selama 15 detik (HTST : High Temperatur Short Time).

Untuk mengetahui efektifitas alat, maka kemampuan Pasteurigama dibandingkan dengan kemampuan Saf Gard Home Pasteurizer. Pengamatan kemampuan dilihat melalui uji kualitas susu hasil pasteurisasi kedua alat. Sampel susu dari peternak yang memproduksi susu minimal 10 liter per hari dipasteurisasi dengan Pasteurigama dan Saf Gard Home Pasteurizer. Msaing-masing susu hasil pasteurisasi dikemas dalam plastik lalu disimpan pada suhu refrigerator dan suhu kamar. Pengujian susu dilakukan pada penyimpanan 0, 6, 12, 18, 24, 30 dan 36 jam.

Parameter uji meliputi uji alkohol, nilai keasaman, nilai pH, angka redutase dan jumlah mikrobia. Data hasil analisa kimia dianalisa statistik menggunakan rancangan acak lengkap (Completely Randomized Design) pola faktorial 2 x 2 x 7 (2 perlakuan alat, 2 suhu penyimpanan dan 7 lama waktu penyimpanan). Hasil analisa menunjukkan bahwa kemampuan Pasteurigama lebih baik daripada kemampuan Saf Gard Home Pasteurizer terhadap nilai keasaman, nilai pH, angka reduktase dan jumlah mikrobia.

Mahasiswa Jur. Tek. Hasil Ternak Fak. Peternakan UGM

Saya Tim Mahasiswa Fak. Peternakan UGM setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network dan saya menjamin bahwa bahan ini hasil karya saya sendiri dan sah (tidak ada copyright). .

CATATAN:
Artikel-artikel yang muncul di sini akan tetap di pertanggungjawabkan oleh penulis-penulis artikel masing-masing dan belum tentu mencerminkan sikap, pendapat atau kepercayaan Pendidikan Network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar